Selasa, 25 Mei 2010

Komentar Mengenai Masalah Bank Century

Komentar Mengenai Masalah Bank Century

Masalah yang terjadi pada Bank Century ini menyebabkan pemerintah mengeluarkan dana talangan yang lumayan besar melalui Bank Indonesia untuk menyelamatkan Bank yang telah berganti nama menjadi Bank Permata ini. Pemberian dana talangan oleh pemerintah kepada Bank Century yang membengkak menjadi Rp 6,7 triliun masih terus menjadi pembicaraan.

Menurut salah satu anggota Komisi XI DPR dari Partai Golkar, Natsir Mansyur tindakan Sri Mulyani memberikan dana penyertaan ke Bank Century merupakan tindak pidana yang meliputi dua aspek yaitu politik serta hukum. Untuk itu ia mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menonaktifkan ketua KSSK yaitu Sri Mulyani.

Tetapi menurut Sri Mulyani kebijakan yang diambil untuk menyelamatkan Bank Century itu tidak bisa dinilai berdasarkan kondisi saat ini. Pada saat itu kondisi perbankan Indonesia dan dunia mendapat tekanan berat akibat krisis global. Keputusan yang diambil oleh KSSK pada saat itu untuk menghindari Indonesia dari krisis global.

Sri Mulyani pun siap untuk dipanggil Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) untuk dimintai keterangan mengenai pengembilan kebijakan penyelamatan Bank. Dan sampai saat ini, belum ada kejelasan mengenai masalah dana talangan Bank Century tersebut. Saat ini Sri Mulyani sudah mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan Indonesia karena diminta untuk menjadi Managing Director di Bank Dunia. Lalu bagaimana penyelesaian terhadap masalah Bank Century dan siapa yang dapat disalahkan atas masalah tersebut.

Menurut saya masalah ini memang tidak mudah untuk diselesaikan, karena menyangkut keuangan negara. Dan semua pihak yang dimintai keterangan menyangkut masalah tersebut masing-masing mempertahankan apa yang mereka katakan benar. Sehingga sulit untuk memutuskan siapa yang salah dalam masalah ini. Sebaiknya untuk pihak yang merasa bersalah atas masalah ini harus segera mengakui kesalahannya agar tidak ada yang saling menuduh siapa yang salah dan masalah bisa dapat diselesaikan dengan cepat.

Sumber : - karodalnet.blogspot.com/2009/12/kasus-bank-century.html

- unikdananeh.wordpress.com/.../kronologis-kasus-bank-century/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar