Selasa, 25 Mei 2010

SOSIOLOGI POLITIK

SOSIOLOGI POLITIK

Istilah sosiologi berasal dari kata “ Socius “ yang artinya teman dan logos dalam bahasa Yunani yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antar teman, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat.
Menurut sosiologi, masyarakat sebagai tempat interaksi tindakan-tindakan individu dimana tindakan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat. Sosiologi juga memahami tentang lembaga sosial dan kelompok sosial yang merupakan bagian dari masyarakat sebagai unit analisis sosiologi. Selain itu sosiologi juga mempelajari tentang tatanan sosial serta perubahan sosial.
Sedangkan politik merupakan ilmu yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dan sistem politik untuk tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan, dalam hal ini adanya penggunaan kekuasaan agar tujuan tersebut dapat terlaksana.
Jadi pegertian dari sosiologi politik itu sendiri adalah sebuah penyelidikan antara masalah-masalah yang berkesinambungan antara masyarakat dan politik dengan menggunakan kekuasaan dan wewenang dalam pelaksanaan kegiatan sistem politik, yang banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial budaya.
Pengertian sosiologi diatas saya dapat dari massofa.wordpress.com dan fatmaambarsari.ngeblogs.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar