Sabtu, 25 September 2010

Amblesnya Jalan RE Martadinata

Bagi warga Jakarta yang sering melintasi jalan RE Martadinata, kini harus bisa bersabar karena harus mencari jalan lain untuk sampai ke wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hal ini dikarenakan, jalan RE Martadinata yang biasa mereka lewati ambles sedalam sekitar 7 meter. Jalan vital yang menghubungkan Cengkareng, Ancol dan Pelabuhan Tanjung Priok itu ambles sepanjang 103 meter ( data Walikota Jakarta Utara ) dengan lebar 4 meter pada hari Kamis ( 16/9 ) sekitar pukul 04.00 WIB.
Sampai saat ini, penyebab amblesnya jalan tersebut masih terus diselidiki. Dugaan sementara, jalan RE Martadinata yang ambles dikarenakan intrusi air laut. Sebelumnya jalan yang sering dilewati banyak truk kontainer ini pernah ditinggikan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta untuk mencegah banjir yang kerap menggenangi jalan tersebut akibat meluapnya air di muara laut. Mungkin saja peninggian atau penebalan jalan itu tidak memperhitungkan kekuatan pondasi dibawahnya. Kondisi tanah yang berbeda karena pengerukan serta kondisi pondasi jalan yang labil, menjadi faktor kedua amblesnya jalan RE Martadinata tersebut.
Awalnya dikhawatirkan ada korban dalam kejadian tersebut, tetapi setelah dilakukan pencarian di lokasi runtuhan tidak terdapat korban satu pun. Dihitung dari luasnya jalan yang ambles, kerugian ditaksir mancapai Rp 2,8 miliar. Dalam beberapa waktu kedepan, jalan RE Martadinata masih ditutup dan tidak bisa dilewati karena dikhawatirkan jalan yang ambles akan semakin meluas. Kecuali bagi kendaraan roda dua bisa melewati dengan menggunakan satu jalur.
Akibat penutupan jalan tersebut, Polisi terpaksa harus mengalihkan arus lalu lintas yang biasa melintas dijalan tersebut. Pengalihan terjadi bagi kendaraan roda empat dari arah Ancol menuju Tanjung Priok, mereka dialihkan menuju Jalan Pengadilan lalu ke Jalan Danau Sunter. Bagi kendaraan dari arah Tanjung Priok menuju Ancol dialihkan menuju Sunter Podomoro, Jalan Enggano ke Terminal Tanjung Priok dan Jalan Gorontalo. Untuk kendaran yang akan menuju Bandara Soekarno – Hatta dan Jakarta Barat bisa melewati Jalan Yos Sudarso.
Sampai saat ini Jalan RE Martadinata yang ambles masih terus diperbaiki. Menurut saya sebaiknya Dinas Pekerja Umum DKI Jakarta, lebih berhati-hati lagi dalam perbaikan jalan dan harus bisa memperhitungkan faktor-faktor yang akan ditimbulkan dari pembuatan atau perbaikan jalan tersebut. Agar tidak lagi terjadi kejadian yang sama. Dan sebaiknya perbaikan Jalan RE Martadinata dapat dipercepat, mengingat jalan tersebut merupakan jalan vital menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Sumber : * blogpanas.info/jl-re-martadinata-ambles
www.harianpelita.com/read/

id.news.yahoo.com/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar