Sabtu, 25 September 2010

Jika saya menjadi presiden apa yang saya lakukan untuk memajukan Ekonomi Koperasi

Memajukan Ekonomi Koperasi
Menjadi seorang Presiden, yang memimpin suatu negara memang bukan hal yang mudah. Karena menyangkut kesejahteraan hidup seluruh penduduk dalam suatu negara tersebut. Perlu tanggung jawab yang sangat besar, agar negara yang dipimpinnya menjadi sebuah negara yang maju dan berkualitas serta dapat diakui oleh negara-negara lainnya.
Setiap warga negara berhak menjadi seorang Presiden. Jika saya menajadi seorang Presiden, saya akan memajukan ekonomi koperasi yang ada di Indonesia. Tanpa kita sadari, ekonomi koperasi dapat membantu memperbaiki tatanan sistem perekonomian Indonesia jika saja Pemerintah mau lebih peduli lagi dengan Koperasi. Koperasi merupakan sistem ekonomi yang memiliki kedudukan yang cukup kuat karena memiliki cantolan konstitusional yang berpegang pada Pasal 33 UUD 1945 ayat 1 yang menyebutkan bahwa “ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan “.
Sedikit sejarah tentang koperasi, koperasi diperkenalkan pertama kali oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896 yang mendirikan Koperasi Kredit bertujuan untuk membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Dan seperti yang kita semua ketahui, Bapak Koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta. Beliau sering disebut sebagai perumus Pasal yang menjadi landasan koperasi. Koperasi merupakan jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, pembagian keuntungan koperasi atau biasa disebut Sisa Hasil Usaha ( SHU ) dapat dilakukan dengan pembagian deviden berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh anggota.
Koperasi bukan hanya bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggotanya tetapi juga kesejahteraan masyarakat lain. Selain itu koperasi juga berpengaruh pada tatanan perekonomian di Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.
Jika saya menjadi Presiden, saya akan mewujudkan tujuan-tujuan koperasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Saya akan menyiapkan dana khusus untuk diberikan kepada setiap koperasi yang ada di Indonesia. Dana tersebut nantinya akan diberikan kepada setiap masyarakat yang menjadi anggota koperasi untuk dipergunakan sebagai modal usaha. Modal usaha tersebut dapat membantu masyarakat yang tidak mendapatkan pekejaan karena tidak memiliki keterampilan atau tidak menempuh pendidikan tinggi. Bahkan apabila usahanya bisa berkembang dan maju, mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dengan begitu dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Jika pengangguran dapat dikurangi, kesejahteraan penduduk dan tatanan perekonomian di Indonesia bisa lebih baik. Angka kemiskinan juga dapat berkurang.
Indonesia akan memiliki sistem perekonomian yang lebih baik lagi dan koperasi tidak lagi dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, perlu kerjasama antara Pemerintah dengan masyarakat dalam memajukan ekonomi koperasi di Indonesia.
Dengan memajukan ekonomi koperasi maka kita juga akan meningkatkan dan memperbaiki sistem perekonomian Indonesia serta menciptakan masyarakat yang maju, adil dan makmur.

Sumber : * manajemen-koperasi.blogspot.com/
* www.g-excess.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar