Sabtu, 10 Desember 2011

Mengontrol Keuangan Pribadi dengan Cara Pemrioritasan Kebutuhan

Memang tidak mudah untuk mengatur atau mengontrol keuangan pribadi kita. Apalagi khususnya bagi perempuan yang memiliki hobi berbelanja. Kita harus cermat dalam mengatur keuangan pribadi. Apalagi saat ini kita cendrung menjadi masyarakat yang konsumtif. Dan harga kebutuhan sekarang tidak lagi murah.

Pemakaian Kredit Card misalnya, itu tidak membantu kita untuk dapat mengontrol keuangan pribadi kita tetapi malah akan membuat keuangan kita boros. Dengan memakai Kredit Card kita akan seenaknya berbelanja, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang secara langsung. Tapi tanpa disadari, kita terus menambah hutang kita di Bank dan akhirnya kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membayar Kredit Card tersebut.

Cara yang tepat untuk mengontrol keuangan pribadi menurut saya adalah dengan menabung. Menyisihkan sebagian uang kita, dan sebagiannya lagi bisa kita pakai tapi untuk kebutuhan yang memang sangat diperlukan terlebih dahulu. Selain pintar untuk mengatur keuangan, kita juga harus pintar untuk memilih dan memrioritaskan kebutuhan-kebutuhan yang sangat diperlukan terlebih dahulu.

Atau jika kita hobi berbelanja, kita harus bisa untuk membatasi pnegeluaran kita untuk berbelanja. Atau jika masih ada sisa dari pengeluaran kita untuk kebutuhan yang sudah kita prioritaskan, kita bisa menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan yg lain. Tapi tanpa mengurangi atau mengambil uang yang harus kita tabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar