Kamis, 17 Mei 2012


Membuat Penulisan Ilmiah
        Guna melengkapi syarat-syarat untuk mencapai gelar setara Sarjana Muda Jurusan Akuntansi jenjang Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, aku dan mahasiswa ataupun mahasiswi semester 6 lainnya diwajibkan untuk membuat Penulisan Ilmiah. Penulisan Ilmiah sendiri adalah karya tulis yang dibuat oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 sks yang akan dibantu oleh seorang dosen pembimbing.
          Menurutku membuat Penulisan Ilmiah tidaklah mudah. Aku harus mencari judul yang sesuai dengan Jurusanku yaitu Akuntansi. Belum lagi aku harus mencari data yang berhubungan dengan judul yang aku ambil. Untuk mendapatkan data yang sesuai juga tidak mudah. Jika kita menggunakan data primer, kita harus datang langsung ke perusahaan yang akan menjadi objek penelitian. Tetapi kebanyakan mahasiswa memakai data sekunder karena tidak perlu susah payah untuk datang langsung ke perusahaan. Data sekunder dapat langsung kita peroleh dari situs-situs perusahaan yang menjadi objek penelitian kita.
          Setelah mengetahui judul apa yang akan aku ambil, tahap berikutnya aku harus menyusun bab pertamaku. Di bab satu ini aku harus membuat latar belakang kemudian membuat rumusan dan batasan masalah dalam penelitianku. Selanjutnya membuat apa saja tujuan dan manfaat dari penelitian serta metode atau alat analisis yang dipakai dalam penelitian.
          Setelah bab pertama disetujui oleh dosen pembimbing, selanjutnya aku harus menyusun bab kedua. Bab kedua berisi landasan teori, yaitu materi atau teori-teori apa saja yang dapat mendukung penelitianku. Kemudian kajian penelitian sejenis, dalam kajian penelitian sejenis terdapat penelitian-penelitian yang sejenis atau sama dengan yang akan kita teliti yang dilakukan oleh orang lain.
Setelah bab pertama dan kedua selesai dan disetujui oleh dosen pembimbing, aku mulai untuk menyusun bab yang ketiga. Bab ketiga terdiri dari objek penelitian, data atau variabel apa yang dipakai dalam penelitian serta kita harus menjabarkan lagi alat analisis apa yang kita pakai untuk menyelesaikan penelitian.
Di dalam bab keempat, aku harus memulai membuat analisis dan pembahasan dari penelitianku. Aku harus menjelaskan terlebih dahulu profil atau sejarah perusahaan yang menjadi objek penelitianku serta struktur organisasi dari perusahaan tersebut. Setelah selesai dengan perusahaan, kita baru bisa untuk membuat analisis dan pembahasan dari penelitian tentu menggunakan metode penelitian atau alat analisis yang sudah kita jelaskan pada bab sebelumnya.
Yang terakhir kita harus membuat kesimpulan dari hasil penelitian yang terdapat di dalam bab yang kelima. Jangan lupa juga untuk membuat cover, lembar pengesahan, abstraksi, kata pengantar, daftar isi dan daftar pustaka. Setelah Penulisan Ilmiah selesai dan disetujui oleh dosen pembimbing, kita bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti sidang.
Untuk teman-teman yang sedang membuat Penulisan Ilmiah juga, semangat yahhh..mudah-mudahan Penulisan Ilmiah kita cepat selesai dan disetujui oleh masing-masing dosen pembimbing kita dan dapat mengikuti sidang secepatnya..amiieen  \^o^/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar