Sabtu, 18 Desember 2010

MANFAAT BUAH APEL

Pasti kita pernah mendengar pribahasa “ an apple a day keeps the doctor away “ yang artinya makanlah apel setiap hari dan tubuh akan terhindar dari penyakit. Apel memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Buah berbentuk bulat dengan cekungan pada pangkal pucuknya ini, memiliki kandungan kalium / potassium serta pectin yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah stroke serta mengurangi kadar gula dan kolesterol darah.
Daging buah apel yang berwarna putih, renyah dan berair dengan rasa manis dan asam dilindungi oleh kulit tipis yang mengkilap. Bentuk, ukuran, warna serta tekstur buah apel sangat beragam, tetapi takaran gizinya tidak jauh berbeda. Kurang lebih ada tujuh ribu jenis buah apel yang tumbuh di dunia, tapi hanya ada beberapa jenis saja yang ada di Indonesia seperti apel Australia, apel Manalagi, apel Amerika dan apel Kampung.
Selain dapat mencegah stroke, apel memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan zat flavonid dalam buah apel dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampai dengan 50%. Kandungan lainnya juga terdapat pada kulit buah apel, ini terbukti dengan adanya penelitian dari Cornell University di AS yang ternyata dalam kulit apel terdapat zat fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.
Dengan mengkonsumsi buah apel juga dapat menurunkan berat badan, karena apel merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Apel juga mengandung tanin yang dapat mencegah kerusakan gigi periodontal yang merupakan penyakit gusi akibat dari menempelnya bakteri pembentuk plak.
Pada saat menopause kita akan mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormone dapat menyebabkan nyeri, depresi, penyakit jantung dan osteoporsis. Untuk mengurangi gangguan tersebut kita harus mempertahankan kadar hormon esterogen kita dan untuk itu kita membutuhkan kandungan boron dalam apel yang terbukti dapat membentu wanita mempertahankan kadar hormon esterogen pada saat menopause.
Sari buah apel juga baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh yang meningkat. Masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah apel. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, konsumsilah buah apel yang segar.
Dan sebaiknya bukan buah apel yang sudah diolah menjadi sirup atau sari buah. Karena menurut riset dari beberapa ahli pemberian apel dengan berbagai macam bentuk sediaan pada orang normal, menghasilkan respon yang berbeda terhadap konsentrasi gula darah maupun insulin. Sedangkan konsumsi apel segar utuh hanya menaikkan sedikit insulin serum, dibandingkan bubur apel. Struktur serat pada bubur apel sudah rusak. Jadi mengkonsumsi apel segar lebih dapat terasa manfaatnya untuk tubuh kita dibandingkan mengkonsumsi apel olahan.

Sumber : - www.lautanindonesia.com/

- www.smallcrab.com/kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar