Rabu, 09 November 2011

Ayoo !! Budayakan Membaca

Membaca, kita semua pasti sudah diajarkan membaca sejak dini oleh orang tua kita atau guru-guru kita dulu. Itu merupakan salah satu tujuan kita bersekolah, agar kita bisa membaca. Tapi sangat disayangkan karena masih banyak anak-anak bahkan orang dewasa yang tidak bisa membaca. Banyak faktor yang menyebakan mereka tidak bisa membaca. Salah satunya faktor kemiskinan, yang membuat mereka tidak mampu untuk membayar biaya untuk sekolah.

Semua orang pasti suka membaca. Dengan hobi membaca kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita yang sebelumnya belum kita ketahui. Kita tidak melulu harus suka membaca dari buku-buku yang tebal. Adanya internet misalnya, kita bisa mendapatkan tambahan banyak pengetahuan dan wawasan dengan membaca artikel-artikel yang terdapat dalam situs-situs di internet.

Banyak cara untuk membudayakan membaca, kita khususnya sebagai mahasiswa atau pun mahasiswi pasti cepat bosan jika harus banyak membaca. Kebosanan tersebut dapat kita hindari dengan memilih tempat mambaca yang tidak membosankan. Seperti sekarang ini banyak cafe-cafe atau pun tempat makan yang menyediakan perpustakaan mini, buku-buku yang disediakan juga tidak kalah menarik dari toko buku. Dengan memilih tempat yang menarik tersebut, minat kita untuk membaca pun semakin tinggi.

Hobi membaca juga bisa kita tularkan ke orang lain dengan membuka perpustakaan kecil disamping rumah kita dan membukanya untuk umum. Buku-buku yang disediakan bisa kita dapatkan dari buku yang sudah selesai kita baca atau dari sumbangan teman-teman. Hal tersebut juga dapat membantu mereka yang tidak bisa bersekolah untuk tetap bisa belajar membaca. Selain itu cara lain untuk membudayakan membaca dapat kita tularkan dengan meminjamkan buku yang kita punya kepada teman-teman kita di kampus atau pun disekolah.

Ayooo ,mulai sekarang budayakan membaca agar kita tidak lemah wawasan dan pengetahuan ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar