Selasa, 17 Mei 2011

Makanan Sehat Kulit ..

Untuk dapat melakukan kegiatan kita sehari-hari, pasti kita membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga asupan makanan kita sehari-hari agar kita dapat terus bertenaga ketika beraktivitas. Karena apapun yang kita makan, itulah yang akan dicerna dan diproses oleh seluruh tubuh kita. Terlebih lagi kita sebagai perempuan, selain agar tetap terus bersemangat kita juga pasti ingin selalu terlihat cantik dan menarik.
Kecantikan bukan hanya dapat dijaga dari luar, seperti dengan memakai banyak produk-produk kecantikan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kulit dan tubuh kita, kita dapat menjaga kecantikan kita dari dalam.
Cukup banyak makanan sehat yang dapat kita konsumsi dan beberapa makanan sehat ini juga mudah ditemukan disekitar kita. Makanan-makanan sehat itu seperti :
a. Ikan Salmon.
Pasti kita pernah mengkonsumsi ikan ini, harganya juga tidak begitu mahal. Ikan Salmon mengandung asam lemak essential omega-3, kaya akan protein dan penuh dengan vitamin B-12 serta zat besi. Dengan mengkonsumsi ikan salmon, dapat mencegah kulit kepala kering dan rambut kusam.
b. Sayuran berdaun hijau pekat.
Sayuran atau tumbuhan yang berdaun hijau pekat menyediakan banyak zat besi dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh kita. Kulit kita membutuhkan sebum, sebum merupakan zat minyak pada kulit yang berguna sebagai kondisioner alami yang diproduksi oleh tubuh. Sebum dapat diproduksi oleh tubuh kita, jika kita banyak mengkonsumsi bayam dan brokoli.
c. Kacang-kacangan.
Semua jenis Kacang-kacangan mengandung banyak zat besi, zinc dan biotin serta protein yang baik untuk pertumbuhan rambut. Biotin dapat mencegah pertumbuhan rambut yang rapuh.
d. Telur.
Hampir setiap hari mungkin kita dapat menkonsumsi telur. Selain ikan salmon dan kacang-kacangan, biotin dan vitamin B-12 juga terkandung dalam telur. Telur juga mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh kita.
e. Susu rendah lemak.
Untuk tambahan kalsium dan mineral, tubuh kita membutuhkan susu low fat dan yoghurt ini baik untuk pertumbuhan rambut kita. Selain itu susu juga mengandung protein yang berkualitas tinggi.
f. Wortel.
Untuk mata dan kulit kita, wortel sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin A.
g. Gandum.
Mungkin kita masih jarang mengkonsumsi gandum, tapi antioksidan yang tinggi dalam gandum bermanfaat untuk menghancurkan bahan kimia dan mencegah kerusakan kolagen. Kolagen dapat membantu untuk menjaga kulit agar tetap elastis dan halus.
h. Jamur.
Jamur dapat membantu kita untuk memelihara dan meregenerasi kulit, misalnya menghilangkan bekas noda hitam yang ada pada kulit karena jamur mengandung vitamin B2. Vitamin ini juga penting untuk perbaikan dan memperbaharui jaringan kulit yang rusak.
i. Alpukat dan Apel.
Selain sayur-sayuran, kita juga harus mengkonsumsi banyak buah. Seperti alpukat, buah ini mengandung banyak minyak lemak dan vitamin B kompleks. Dengan begitu alpukat dapat memberikan nutrisi untuk kulit dan dapat memudarkan warna kulit yang tidak merata ataupun iritasi kulit. Sedangkan apel mengandung enzim yang dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan mempercepat pergantian kulit mati, sehingga dapat membuat kulit halus dan lembut.
j. Almond.
Almond salah satu jenis kacang. Almond mengandung vitamin B, C, E dan zat besi dan seng yang dapat melembabkan kulit dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Sumber : majalah GADIS edisi 8-17 Maret 2011 ( www.GADIS.co.id )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar