Selasa, 17 Mei 2011

Sabun Daun Serai ..

Kedengarannya mungkin aneh, sabun dengan bahan daun serai. Umumnya daun serai hanya dipakai sebagai bumbu masakan. Tapi sekarang selain untuk bumbu makanan, daun serai ternyata dapat diolah menjadi sabun, essential oil, aroma therapy bahkan parfum.
Daun Serai atau lemongrass ini memiliki minyak yang mengandung anti mikroba, anti jamur dan antiseptic yang sangat bermanfaat bagi kulit kita. Kandungan-kandungan yang terdapat pada minyak daun serai itu dapat memutihkan kulit, menjaga kelembapan kulit kita, mengencangkan, menghaluskan kulit, menyembuhkan gatal-gatal, menghilangkan jerawat serta penyakit kulit lainnya.
Sabun daun serai ini juga dapat menghilangkan bau badan bagi yang memiliki masalah dengan bau badan. Selain diolah menjadi sabun, minyak daun serai juga dapat diolah menjadi aroma therapy atau message oil. Ketika dioleskan pada tubuh, message oil dapat membuat tubuh lebih rileks dan rasa lelah yang kita rasakan akan hilang.
Daun serai memiliki wangi seperti lemon, wangi itulah yang dapat memberikan rasa nyaman dan kesejukan sehingga cocok sekali untuk dijadikan parfum. Di India, minyak daun serai juga dijadikan sebagai obat penurun panas.

Sumber : Majalah Gadis Edisi Bulan 8 – 17 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar