Selasa, 17 Mei 2011

Pencemaran Udara di Lingkungan kita ..

Sekarang ini pencemaran udara atau polisi bukan menjadi masalah yang baru lagi. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, tingkat polusi udara di Jakarta sudah sangat tinggi akibat terlalu banyaknya kendaraan serta minimnya tanaman hijau. Jumlah gedung-gedung bertingkat mengalahkan jumlah pohon-pohon hijau yang harusnya bisa memberikan kenyamanan sekaligus udara yang baik untuk kita.
Pencemaran udara atau polusi sendiri adalah masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya kedalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatam manusia secara umum menurunkan kualitas lingkungan. Zat atau bahan yang menyebabkan polusi disebut dengan polutan.
Suatu zat dapat disebut polutan apabila keberadaanya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup, jumlah atau kadar melebihi jumlah atau kadar normal dan berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat, seperti karbondioksida dengan kadar 0.032% akan memberikan dampak kerusakan lingkungan. Beberapa unsure pencemaran (pollutant) kembali kebumi melalui deposisi asam atau salju yang mengakibatkan sifat korosif pada bagunan, tanaman, hutan disamping itu juga membuat sungai dan danau menjadi suatu lingkungan yang berbahaya bagi ikan-ikan karena nilai pH yang rendah.
Polusi tidak hanya dapat terjadi di lingkungan luar, tetapi juga di dalam karena udara terdapat dimana-mana. Pencemaran udara dapat ditanggulangi sebelum dampaknya meluas dan sangat merugikan untuk dunia kita. Penanggulangan polusi dapat kita mulai dari diri kita sendiri yang harus mulai menyadari bahwa pentingnya udara yang bersih dan sehat bagi tubuh kita.
Beberapa usaha untuk menanggulangi polusi udara, adalah sebagai berikut :
• Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar yang ramah lingkungan, misalnya biodiesel.
• Mengontrol emisi kendaraan bermotor, yaitu dengan memasang alat pengubah katalitik.
• Mengembangkan teknologi mesin yang tidak menggunakan bahan bakar fosil, misalnya dengan membuat mobil listrik.
• Melakukan pengolahan atau penyaringan terhadap gas buang industri sebelum dibuang bebas ke udara.
• Melakukan penanaman pohon dan memeliharanya dengan baik.
• Tdak melakukan pembakaran hutan secara liar.

Sumber : - id.shvoong.com › ... › Menulis & Bicara › Presentasi
- www.anneahira.com/cara-menanggulangi- pencemaran-udara.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar